Rabu, 10 Januari 2018

RENUNGAN : KOMITMEN IMAN

Nats: Filipi 2:8,







          "Komitmen diawali dari hati dan diakhiri dengan tindakan. Ada orang yang menginginkan agar segala sesuatu sempurna sebelum bersedia untuk mengambil komitmen. Namun komitmen harus diambil sebelum Anda berprestasi. Ini merupakan langkah awal. Langkah berikutnya adalah  tindakan. Komitmen diuji dengan tindakan. Membicarakan komitmen adalah suatu hal, namun melakukannya adalah hal yang berbeda. Satu-satunya ukuran sejati dari komitmen adalah tindakan." Demikian kata motivator ulung, John C. Maxwell

          Sederhananya komitmen adalah keselarasan antara perkataan dan tindakan yang secara konsisten dilakukan. Dalam surat Filipi 2:8 (TB), tertulis demikian,  "Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib." Rasul Paulus menggambarkan komitmen Kristus dalam misi agung penyelamatan umat manusia yang dimulai dari perjalanan panjang inkarnasi hingga ke golgota. Suatu harga yang sangat mahal dari sebuah komitmen kasih. Dan Kristus telah membuktikannya bagi kita.

          Kristus merupakan gambaran sempurna dari sosok yang memiliki komitmen ideal dalam pelayanan dan kepemimpinan-Nya. Meskipun tujuan akhir dari pencapaian misinya adalah "bukit kalvari", namun komitmen-Nya tidak pernah goyah. Komitmen yang dibangun berlandaskan atas kasih kepada Bapa dan kepada manusia berdosa, telah menjadi kekuatan yang membawa Kristus kepada kemuliaan dan keagungan yang Tiada tara. Pada titik ini dasar dari suatu komitmen menjadi hal utama yang menjadi faktor penentu kemampuan seseorang untuk terus tekun. Dasar komitmen kristiani haruslah sama dengan Kristus, yaitu kasih. Kasih kepada Allah dan sesama.

          Sejarah telah mencatat bahwa Komitmen-Nya telah menjadikan Kristus sebagai Pribagi agung yang menginspirasi dan mengubah peradaban umat manusia sepanjang zaman. Semoga teladan-Nya mampu memberikan dorongan positif bagi kita untuk menjalankan komitmen kita dalam segala hal. Aminn!

"Tak ada yang lebih mudah dari pada mengucapkan kata-kata. Tak ada yang lebih sulit dari pada menjalankan perkataan kita setiap hari." (Arthur Gordon).

Salam...
Yb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar