Rabu, 10 Januari 2018

RENUNGAN : JANJI BERKAT DALAM TAKUT AKAN TUHAN


Nats : Mazmur 112:1-3 (TB)  Haleluya! Berbahagialah orang yang takut akan TUHAN, yang sangat suka kepada segala perintah-Nya. Anak cucunya akan perkasa di bumi; angkatan orang benar akan diberkati. Harta dan kekayaan ada dalam rumahnya, kebajikannya tetap untuk selamanya.

____

       Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh B.B. Warfield pada abat ke 19 kepada dua keturunan dari Jonathan Edwards (seorang hamba Tuhan) dan Max Jukes (seorang ateis dan pecandu) yang hidup sezaman pada abad ke 18, didapati bahwa hampir semua keturunan Jonathan Edwards menjadi orang-orang penting, terhormat, berpengaruh, dan telah menyumbangkan pemikiran serta menjadi berkat bagi AS. Sebaliknya, dari sekitar 500 keturunan Max Jukes, hampir semuanya menjadi pelaku kriminal. Diperkirakan bahwa keturunannya telah memberikan kerugian yang cukup besar, sekitar 12 milyard rupiah bagi AS.

          Keluarga Jonathan Edwards merupakan gambaran yang ideal dari Mazmur 112 di atas. Kunci keberhasilan dari keluarga sang Teolog terdapat dalam ayat ini. Pemazmur dalam ayat ini memberikan dua hal mendasar yang menjadi kunci berkat bagi Umat Tuhan. Pertama, "Takut akan Tuhan", serta, "Suka kepada segala perintah-Nya". Kedua hal ini tidak dapat dipisahkan. Kita tidak dapat "takut akan Tuhan", tanpa "suka kepada perintah-Nya", dan demikian pula sebaliknya. Keduanya harus berjalan seimbang.

         Jonathan Edwards telah menjadi teladan iman bagi generasi dan keluarga kristiani dalam membina keluarga. Ketaatan Edwards telah memberkati keturunannya dan Umat Tuhan hingga saat ini. Kesuksesannya itu hanya dimuai dari hal yang sangat sederhana, seperti yang telah kita lihat di atas. Jika Saudara ingin memiliki hidup yang berkualitas, berdampak serta memberkati keluarga dan keturunan Saudara seperti ayat Firman Tuhan di atas, maka mulailah melangkahkan kaki dengan dua hal Sederhana ini, "Takut akan Tuhan dan melakukan kehendak-Nya."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar