Rabu, 10 Januari 2018

Renungan : "Berkat Tuhan di Lembah Kelam"


Nats : "TUHAN akan menuntun engkau senantiasa dan akan memuaskan hatimu di tanah yang kering , dan akan membaharui kekuatanmu; engkau akan seperti taman yang diairi dengan baik dan seperti mata air yang tidak pernah mengecewakan." (Yes. 58:11).

__________

                                           
           Salah satu kalimat bijak yang diucapkan Bruce Lee, sangat mengispirasi banyak orang. Lee mengatakan, "Jangan berdoa agar hidupmu dimudahkan, berdoalah agar diberi kekuatan untuk mengatasi kesulitan." Mr. Lee mampu melihat sesuatu yang tidak dapat dilihat orang-orang pada umumnya. Orang-orang yang terbiasa mengandalkan Tuhan serta melatih otot-otot rohani mereka, akan memiliki gaya hidup yang berbeda dengan mereka yang lebih cenderung beragama dan berdoa dengan tujuan memperoleh kemudahan.

           Memang membaca kalimat bijak tersebut tak semudah ketika kita mengalami pergumulan hidup. Akan tetapi iman yang sejati akan dikonfimasi oleh pengalaman iman yang sejati pula bersama Tuhan. Pengetahuan yang benar akan Tuhan dapat kita temukan dalam Kebenaran Firman-Nya, namun Pengenalan yang benar hanya terjadi ketika kita bergumul bersama Tuhan, hingga kita berjumpa dan mengenal Dia melalui pergumulan di tengah badai hidup. Ketika membaca kalimat pertama dalam ayat ini, saya sangat terkejut. Bagaimana tidak, dikatakan di sana bahwa, "TUHAN akan menuntun engkau senantiasa dan akan memuaskan hatimu di tanah yang kering". Perhatikan kata " di tanah yang KERING". Tuhan mengijinkan pergumulan hidup kita di masa-masa kekeringan, tandus, sakit penyakit, tidak ada harapan, tapi ada dua janji Tuhan di sana. Dia menyertai kita, dan memberkati kita. Meskipun Ia mengijinkan kita masuk dalam masa-masa suram, namun Ia tidak meninggalkan, bahkan Ia memberkati kita.

          Ditengah pergumulan dan masa kekeringan itu, justru seharusnya menjadi kesempatan untuk kita berbuah lebat bagi kemuliaan Tuhan. Di dalam lembah kelam sekalipun, Penyertaan dan berkat Tuhan tidak pernah meniggalkan umat-Nya. Amin!

Salam dan doa saya.
 yb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar