Rabu, 10 Januari 2018

RENUNGAN : BERKAT ORANG BENAR


Nats : "Orang benar akan bertunas seperti pohon korma, akan tumbuh subur seperti pohon aras di Libanon;  mereka yang ditanam di bait TUHAN akan bertunas di pelataran Allah kita. Pada masa tua pun mereka masih berbuah, menjadi gemuk dan segar, untuk memberitakan, bahwa TUHAN itu benar, bahwa Ia gunung batuku dan tidak ada kecurangan pada-Nya." (Mzm. 92:12-15).

______

          Pohon korma dan aras menjadi simbol bagi mereka yang "ditanam di bait Allah". Pohon korma melambangkan kekuatan akar yang mampu menembus tanah padang pasir yang tandus, serta bebatuan yang menghalangi akarnya untuk mencapai sumber air. Dengan demikian pohon korma menggambarkan kekuatan dan daya tahan umat Tuhan yang kuat ketika mereka bersandar pada sumber air yang sesungguhnya, yaitu Kristus.

          Sementara pohon aras merupakan ungkapan simbolis dari daya tahan umat Tuhan terhadap kedasyatan alam. Pohon aras memiliki batang yang kokoh serta bertumbuh di daerah bukit dan pegunungan, itu sebabnya pohon jenis ini akan memiliki daya tahan yang kokoh.

          Pemazmur menggambarkan umat Tuhan yang ditanam di bait Allah layaknya pohon Korma dan Aras. Suatu ciri iman yang sangat ideal karena bertumbuh kokoh ke bawah dan ke atas. Namun perhatikan, secara tegas, pemazmur menambahkan bahwa Kekuatan keduanya bukan terletak pada kemampuan dan daya juang untuk dapat survival, namun karena "di mana" mereka di tanam! Artinya, kehebatan, skil dan talenta jika tidak dibarengi dengan sikap hati yang takut akan Tuhan, maka cepat atau lambat akan menghasilkan sesuatu yang merusak.

          Iman yang sejati haruslah iman yang tertanam di bait Allah. Hanya dengan memulai segala sesuatu bersama Allah lah, kita akan mampu menghadapi segala terpaan badai hidup serta mampu menghasilkan buah-buah yang memberkati banyak orang.

Salam...
Yb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar