Minggu, 14 Januari 2018

RENUNGAN : FILSAFAT KRISTEN

Nats: "... Sesungguhnya, takut akan Tuhan, itulah hikmat, dan menjauhi kejahatan itulah akal budi." (Ayub 28:28).

_______

       Istilah "filsafat" merupakan suatu istilah yang diadopsi dari bahasa serta konsep Yunani yang berarti "cinta Kebijaksanaan". Filsafat merupakan salah satu cabang ilmu yang dikembangkan manusia untuk berpikir serius mengenai dirinya, Tuhan, dan alam semesta. Singkatnya filsafat merupakan suatu proses pembelajaran untuk menggapai hikmat demi terwujudnya tatanan kehidupan manusia yang lebih baik. Namun semenjak jaman filsuf pra-Sokrates hingga pasca modern saat ini, ternyata keadaan manusia tidak lebih baik. Apa yang menjadi permasalahan mendasar dari hal ini?

        Permasalahan mendasar terletak pada pemisahan "hikmat" dengan "takut akan Tuhan". Banyak dari para tokoh hebat yang menghabiskan sebagian besar hidup mereka untuk mengejar hikmat. Sederetan gelar dan jidat yang semakin meninggi serta terlihat sedikit mulai "tandus" menjadi bukti sekaligus kebanggaan bagi mereka. Namun Sayangnya, tak sedikit dari para pegiat hikmat ini yang juga harus mengakhiri kariernya dengan cara yang kurang berhikmat pula, karena dengan terpaksa harus berurusan dengan penegak hukum.

        "Takut akan Tuhan itulah hikmat". Betapa indahnya Firman Tuhan ini! Tuhan adalah sumber hikmat dan pengetahuan. Hikmat dan kepintaran, harus dimulai dari hati dan lutut yang bersimpuh dalam penyembahan kepada Tuhan. Hikmat tanpa rasa takut akan Tuhan akan memberikan dampak yang destruktif bagi diri sendiri dan orang lain. Namun hikmat yang dimulai, dipimpin, dan diakhiri oleh rasa takut akan Tuhan akan memberkati semua orang. Teruslah mengejar hikmat, namun dengan lutut dan hati yang menyembah kepada Allah.

         Berfilsafat memang asik, akan tetapi filsafat yang tunduk dalam penghormatan dan pengagungan kepada Tuhan lebih asik.

Salam...
Yb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar