Selasa, 20 Februari 2018

RENUNGAN : BEDA KARENA DIBEDAKAN

Nas : Keluaran 11:7 (TB) "..... supaya kamu mengetahui, bahwa TUHAN membuat perbedaan antara orang Mesir dan orang Israel."

_______

         Jika kita memperhatikan Lady Gaga, maka kesan yang tampak pertama kali adalah gaya fashionnya yang nyentrik. Dalam perhelatan suatu invent, pesta, atau pun kegiatan sehari-hari, kita selalu disuguhkan dengan beragam style, mulai dari gaya rambut, pakaian, aksesoris, dan lainnya. Salah satu alasan mendasar yang mendorong semua ini karena manusia modern pada umumnya ingin tampil beda. Siapa pun tidak ingin menggunakan suatu barang yang sama persis dengan orang lain, itu sebabnya dunia fashion, aksesoris, HP, dan lainnya selalu bersaing untuk memuaskan dahaga manusia modern dalam hal ini.

          Dalam segi rohani, umat Tuhan juga dipanggil untuk hidup dengan gaya yang berbeda dengan dunia. Perbedaan ini bukan suatu hal yang dibuat-buat seperti gaya rambut, atau pakaian layaknya Lady Gaga, namun suatu perbedaan yang memang nampak dalam kehidupan praktis yang dipimpin Roh Kudus, sehingga menampakkan suatu kesan yang sangat berbeda dalam hal iman, karakter, dan etika. Pada bacaan di atas, Kita menjumpai peran aktif dari kasih Tuhan bagi umat Israel dalam peristiwa keluaran. Tuhan memperlihatkan kepada Mesir dan dunia bahwa umat-Nya adalah berbeda, mereka spesial, dan dalam segala hal mereka dibedakan. Anugerah-Nya yang besar bukan hanya menyelamatkan, namun juga melindungi, memelihara, memperbaharui dan menguduskan umat-Nya sehingga mereka benar-benar berbeda. Tujuan dari hal ini hanya satu, "supaya dunia mengenal dan memuliakan Tuhan", dan bukan untuk kemuliaan kita.

          Kita, Umat Tuhan berbeda karena kita dibedakan, Kita dibuat berbeda! Artinya, kita sebagai umat pilihan-Nya dahulu memang sama dengan orang-orang duniawi lainnya. Namun ketika anugerah Allah sampai kepada Saudara dan saya, maka hidup kita tidak sama lagi, karena karya dan kasih Allah menjadikan kita spesial dan berharga. Dari pijakan Kebenaran ini seharusnya kita mampu melihat posisi hidup kita saat ini, apakah kita masih sama dan serupa dengan dunia ataukah telah hidup dengan gaya yang berbeda dengan dunia. Ciri khas umat Tuhan yang sejati adalah kehidupan yang berbeda dengan dunia meskipun Ia masih hidup di dunia.

Semoga Tuhan memberkati dan memampukan kita. Amin!

Salam,
yb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar