Jumat, 13 April 2018

RENUNGAN : MULAILAH DENGAN TAKUT AKAN TUHAN

Nas : Mazmur 111:10 (TB) Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, semua orang yang melakukannya berakal budi yang baik. Puji-pujian kepada-Nya tetap untuk selamanya.

Amsal 1:7 (TB) Takut akan TUHAN adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan.

_______

               Hikmat dan pengetahuan dunia sekuler diperoleh dengan cara yang berbeda dengan seorang anak Tuhan. Filsafat dan sains memulai pencarian mereka dengan "otak", sementara Anak-anak Tuhan memulainya dengan "hati yang Takut/hormat kepada Tuhan". Seorang filsuf/saintis sekuler memulai petualangannya dengan rangkaian rumit peralatan dan objek penelitian di laboratorium, namun seorang anak Tuhan memulai petulangan intelektualnya dengan rangkaian doa pengagungan dan ucapan syukur kepada Tuhan.

            Alkitab memberitahukan kepada kita bahwa Permulaan hikmat dan pengetahuan dimulai dengan satu cara, sikap hati yang takut akan Tuhan. Di dunia ini banyak orang pintar dan hebat dengan sederet gelar, namun karena tidak ada sikap hati yang takut akan Tuhan maka kepintaran dan kehebatan itu menyesatkan mereka dalam berbagai kejahatan. Saudara, penjahat berdasi itu 80% adalah kalangan berpendidikan dengan sederet gelar di belakang nama, namun karena minus takut akan Tuhan maka gelar dan kepintaran mereka justru mencelakakan.

            Untuk mengatasi "penyakit" di atas maka salah satu program yang digagas Pak Presiden kita adalah revolusi mental. Itu sangat baik, namun tahukah Saudara bahwa "mental" yang baik berhubungan dengan spiritual yang baik pula? Ini adalah rahasiannya. Sikap hati yang takut akan Tuhan, sesungguhnya bukan hanya berbicara mengenai konsep iman, dan pengetahuan serta hikmat, namun takut akan Tuhan juga berbicara mengenai pondasi utama bagaimana etika Kristen dibangun. Singkatnya, seseorang yang takut dan hormat akan Tuhan akan lebih cenderung untuk hidup dalam Kebenaran dan tidak melakukan kejahatan, dimana hal-hal ini merujuk pada Etika kerja dan sosial yang baik pula. Takut akan Tuhan adalah kunci menuju pengetahuan, hikmat, dan etika Kristen yang memimpin hidup kita pada Perkenanan Tuhan dan keberhasilan. Mulailah segala sesuatu dengan sikap hati yang takut akan Tuhan, maka Saudara akan melihat bagaimana Tuhan menyelesaikannya dengan luar biasa. Amin!

Selamat beraktifitas dan berakhir pekan,
Tuhan Yesus memberkati kita.

Salam,
yb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar